Pemeriksaan Trimester 1, 2, dan 3

Trimester 1

Pemeriksaan kesehatan pada masa kehamilan ini:

- Tinggi badan

- Berat badan

- Tangan dan kaki

- Abdomen
Dokter anda akan melakukan pemeriksaan terhadap ukuran perbesaran pada uterus anda, juga akan dilihat apakah anda memiliki bekas luka dari operasi sebelumnya dan letak sesungguhnya.

- Vaginal dan pelvic
Pemeriksaan vaginal rutin sudah tidak lagi dianggap penting pada saat ini, namun jika anda pernah mengalami pendarahan sebelumnya perlu dilakukan “swab” untuk mengidentifikasi adanya infeksi.

- Payudara
Pemeriksaan payudara perlu dilakukan untuk mengetahui adanya penyakit kanker pada payudara anda, walaupun resiko penyakit kanker payudara lebih besar terjadi pada wanita usia diatas 40 tahun.

- Tes urin
Pemeriksaan urin diutamakan untuk mengidentifikasi gula, protein dan keton pada urin anda. Normalnya, ginjal kita menyaring semua gula dan protein dari urin kita. Namun selama kehamilan, peningkatan aliran darah menyebabkan urin wanita hamil mengandung sedikit gula dan protein. Keton banyak ditemukan pada urin penderita diabetes, dan pada wanita hamil sehat juga kadang ditemukan jika metabolismenya tidak benar seperti jarang makan dan sering muntah.

- Tekanan darah
Pemeriksaan tekanan darah sangat penting bagi wanita hamil. Normalnya wanita hamil memiliki tekanan darah 127/70 mm Hg. Angka pertama, yaitu 120 menunjukkan tekanan darah sistolik yang berari tekanan darah pada pembuluh darah utama pada saat jantung anda memompa darah pada tubuh anda. Angka kedua yaitu 70 menunjukkan tekanan darah diastolik dimana menunjukkan tekanan darah arteri anda saat jantung anda beristirahat. sebaiknya tekanan darah diastolik anda tidak lebih dari 90.

- USG
Pemeriksaan USG pada umumnya dilakukan untuk melihat seberapa besar ukuran bayi anda dan kondisi bayi anda.

- Tes darah

Jenis darah dan rhesus
Jenis darah ada 4 macam, yaitu A, B, AB, dan O, sedang rhesus ada 2 jenis, yaitu rhesus positif dan rhesus negatif. Rhesus negatif adalah jenis yang paling sering ditemukan. Status rhesus sangat penting pada masa kehamilan karena Ibu yang memiliki jenis rhesus negatif dan memiliki bayi dengan jenis rhesus positif akan meningkatkan antibodi yang merusak pada darah bayinya.

HB
HB normal pada ibu hamil adalah 10.5 - 15 gram per liter darah tubuh Anda. Jika kurang dari itu, maka akan terjadi anemia dan Anda akan disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan iron tinggi.

Imunitas rubella
Apabila hasil dari pemeriksaan ini menunjukkan positif, maka disarankan agar Anda melakukan imunisasi secepat mungkin setelah bayi Anda dilahirkan.

Hepatitis B dan C
Infeksi ini menyebabkan penyakit pada hati Anda namun jarang sekali terjadi pada wanita saat kehamilan pertamanya. Kedua penyakit ini umum ditemukan pada wanita yang mengkonsumsi obat-obat terlarang, seks bebas, atau terinfeksi darah orang yang menderita hepatitis.
Virus hepatitis B tidak melalui plasenta saat kehamilan, namun jika Anda adalah salah satu pembawa virus ini, bayi Anda akan memiliki risiko terinfeksi hepatitis saat dilahirkan. Virus ini tidak ditularkan melalui ASI, namun bayi akan terinfeksi melalui darah jika puting sang Ibu terluka dan berdarah. Setengah dari bayi yang terinfeksi hepatitis GB akan mengakibatkan terjadinya kanker hati. Inilah pentingnya Anda memeriksakan hepatitis B selama kehamilan. Jika Anda benar-benar positif, maka bayi Anda dapat diproteksi oleh imunoglobin IgG setelah dilahirkan dan diimunisasi dengan vaksin hepatitis B. Infeksi hepatitis C hanya ditularkan pada bayi saat hamil dan melahirkan. Risikonya akan lebih besar jika Anda terkena HIV positif.

HIV
Bagi wanita hamil, mengetahui bahwa mereka memiliki virus HIV positif dapat mengubah kepribadian mereka. Namun sekarang telah terdapat pengobatan terbaru yang menurunkan risiko bayinya terinfeksi HIV. Melahirkan dengan caesar serta tidak memberikan ASI pada bayinya akan mengurangi risiko bayi terinfeksi HIV dari Ibu.

Trimester 2

- Pemeriksaan USG yang meliputi:

  • Ukuran bayi
  • Detak jantung bayi
  • Bentuk dan ukuran organ dalam Anda
  • Posisi plasenta
  • Volume cairan amniotik
  • Jenis kelamin bayi Anda
-Kesehatan gigi

Trimester 3

Pemeriksaan kesehatan pada masa kehamilan ini:
  • Tes glukosa toleransi melalui tes urin
  • Tes darah (konfirmasikan pada dokter Anda)
  • Posisi bayi Anda, apakah bayi Anda sudah berada dalam posisi yang benar
  • Pertumbuhan bayi Anda
“Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter menu Mommychi”
kembali ke atas