Hal Normal yang Sering Dikhawatirkan Orangtua

Oleh: dr. Ika Fitriana, Sp.PD

Pada saat lahir, bayi Anda terlihat normal-normal saja, namun selang beberapa saat Anda melihat perubahan berat badannya berkurang dan lidahnya menjadi putih. Pahami langkah apa yang harus dilakukan.

Ketika bayi baru saja lahir, tubuhnya masih rentan. Ia butuh waktu untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan. Pada masa-masa itulah bayi kerap mengalami berbagai permasalahan yang terkadang membuat para orangtua baru merasa khawatir. Permasalahan apa saja kah yang kerap dialami bayi baru lahir? Mari simak ulasan berikut.

Bayi kuning (jaundice)

Bayi lahir kuning bisa disebabkan banyak hal. Umumnya adalah hal normal karena organ hatinya yang belum bekerja sempurna, sebagian lagi disebabkan hal yang lebih berat, yang untungnya jarang terjadi. Selain karena organ hati belum sempurna, kekurangan cairan atau infeksi juga bisa menyebabkan bayi kuning.

Tip:

  • Jemurlah anak setiap hari sekitar jam 7 pagi selama 15-30 menit.
  • Pastikan anak tak kekurangan ASI.
  • Waspadai bayi yang tak mau menyusu. Tak mau menyusu merupakan tanda ada yang tak beres pada si kecil, termasuk salah satunya infeksi. Gejala infeksi bisa berupa kuning.

Lendir pada hidung

Tampak banyak lendir di hidungnya. Kadang-kadang bayi tampak sulit bernapas atau ada suara lendir di hidungnya, namun hal ini tak perlu terlalu dikhawatirkan karena memang saluran napasnya masih begitu mungil. Beberapa dari mereka mengalami pembengkakan di selaput lendir hidung yang membaik sendiri.

Tip:

  • Lendir di hidung bila tidak menganggu tak memerlukan penanganan khusus.
  • Bila anak memang sedang mengalami batuk pilek. Pastikan anak mendapat ASI yang terbaik, mungkin penyedotan saluran hidung pada kondisi yang berat dapat membantu.
  • Jaga kelembaban udara sekitar dan suhu agar tak terlalu dingin untuk si kecil.

Berat badan menurun

Berat badan menurun 5-10% dalam satu minggu pertama pascapersalinan. Beberapa bayi tak langsung naik berat badan saat lahir, penurunan berat badan ini wajar karena bayi kekurangan jumlah air di dalam tubuh setelah keluar dari rahim. Biasanya dalam dua minggu, berat badan akan kembali naik.

Tip:

  • Berikan ASI saat bayi memintanya, bila tidak, dalam dua jam upayakan bayi kembali mendapat ASI terutama pada bulan-bulan pertama kehidupan. Bayi baru lahir pada prinsipnya hanya membutukan sedikit ASI sesuai dengan berat badannya. Jadi tak perlu khawatir ASI Anda kurang.
  • Waspada apakah penurunan berat badan ini berlanjut dan disebabkan karena anak sakit.

Lidah memutih

Lidah bayi menjadi putih. Pada kondisi tertentu, lidah bayi bisa berubah menjadi putih. Kebanyakan tidak perlu dikhawatirkan, tetapi tetap perhatikan apakah ini suatu gejala tumbuh jamur di lidahnya.

Tip:

  • Membedakan antara jamur atau zat putih susu adalah dengan membilasnya menggunakan air putih. Bila putih di lidah hilang dengan pemberian air putih, Ibu tak perlu khawatir.
  • Kemungkinan jamur bila warna putih di lidah tak dapat hilang, berwarna putih susu dan seperti selaput, bertepi kemerahan. Anak juga biasanya mengalami keluhan. Segera bawa ia ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Artikel ini disadur dari majalah Anakku

kembali ke atas