Membersihkan Telinga Si Kecil

Oleh: dr. Laury Cahyadi, Sp.A


Sebagai salah satu bagian tubuh yang memfasilitasi indera pendengaran, kebersihan telinga tentunya harus selalu diperhatikan. Apalagi bentuk telinga memiliki banyak lipatan serta lembut, membuat proses pembersihan telinga pun harus lebih detail dan penuh kehati-hatian…

Banyak orangtua yang merasa ragu saat harus membersihkan telinga bayi karena beberapa dokter melarang orangtua untuk membersihkan kotoran yang biasanya terlihat di saluran telinga bagian luar. Memang betul, membersihkan saluran telinga tidak diperlukan karena kotoran yang kita lihat adalah cairan kental (cerumen) yang berguna menjaga saluran telinga dari debu dan benda asing yang masuk serta menjaga kelembaban area tersebut.

Namun tentu saja, bagian lain selain saluran telinga ini perlu rajin kita bersihkan. Berikut adalah langkah-langkah mudah agar ibu maupun ayah tak perlu ragu lagi untuk melakukannya.

Siapkan terlebih dahulu peralatannya, yang diperlukan:

Bagi para orangtua yang ingin membesihkan telinga bayinya, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum memulai ritual ini.

·         Handuk atau waslap berukuran kecil

·         Air hangat dalam baskom sedang

·         Cotton bud atau kapas

·         Baby oil

·         Handuk kering

Langkah-langkah membersihkan telinga bayi:

·         Carilah lokasi yang nyaman, baik bagi Anda maupun si bayi. Ini cukup penting agar proses pembersihan telinga tidak terganggu karena banyak orang berlalu-lalang.

·         Agar bayi nyaman, tetap tutupi tubuhnya dengan selimut atau sesuatu yang hangat dan bila perlu, senandungkan lagu-lagu yang menenangkan.

·         Oleskan baby oil pada cotton bud atau kapas untuk membersihkan bagian-bagian telinga yang terlipat. Ingat, jangan sesekali memasukkan cotton bud ke dalam saluran (lubang) telinga karena dapat membahayakan gendang telinga atau malah mendorong kotoran semakin ke dalam.

·         Basahi waslap dengan air hangat lalu bersihkan bagian depan dan belakang telinga bayi secara perlahan. Tidak perlu menggunakan sabun karena malah dapat menimbulkan kerak di telinga bayi.

·         Keringkan dengan cara menepuk-nepuk perlahan telinga depan dan belakang menggunakan handuk yang lembut.

Catatan:

Cerumen biasanya akan terdorong sendiri ke luar lubang telinga. Jika hal ini terjadi, Anda tinggal membersihkannya saja menggunakan tisu atau kapas. Namun jika Anda perhatikan ada cukup banyak kotoran yang ‘bersemayam’ di saluran telinga, lebih baik bawa si kecil ke dokter spesialis anak atau spesialis THT untuk membersihkannya.

Artikel ini disadur dari majalah anakku

kembali ke atas